News Travel

Cicipi kopi khas Garut di Kopilogi

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Cicipi kopi khas Garut di Kopilogi Nama Kopilogi berasal dari Coffeelogi yang berarti Ilmu mempelajari Kopi.

Jalan-jalan ke Swiss Van Java, Garut, tak ada salahnya untuk sekedar mencicipi kopi di Kafe Kopilogi yang terletak di Jalan Cikuray no. 42.

Letaknya yang strategis karena terletak di pusat kota membuat kafe kopi ini tak pernah sepi dari pengunjung. Kafe Kopilogi berdiri sejak tahun 2015.

Ide membuat kafe ini berangkat dari pemikiran bahwa kurangnya budaya minum kopi dan melestarikan kopi di kota intan tersebut, sehingga munculah ide untuk melestarikan kopi khususnya kopi Garut.

“Awal mulanya kita para owner kebetulan juga salah satu owner kakak saya, dia bilang gimana nih caranya biar orang garut seneng ngopi, ‘kan kalau di bandung udah banyak yah saat itu, akhirnya kita buka Kopilogi dan dulu pertama kali buka masih di foodcourt,” papar salah satu Owner William Limanjaya saat diwawancarai Rimanews beberapa waktu lalu.

Nama Kopilogi berasal dari Coffeelogi yang berarti Ilmu mempelajari Kopi. Selain ingin melestarikan budaya minum kopi di kalangan masyarakat Garut, William juga ingin memperdalam ilmu terkait kopi.

Kopi dinilai merupakan aset yang sangat bagus untuk dikembangkan. Selain bisa memakmurkan petani kopi lokal, putra asal Garut ini juga ingin Kopi Garut bisa dikenal di seluruh nusantara.

“Pastinya ya kita kerjasama dengan petani kopi lokal, kebanyakan kopi yang dipasok dari kopi samarang. Kita banyak riset untuk bikin kopi yang enak itu gimana sampai sekarang. Dari rasa, proses pembuatan, dan penjagaan suhu kopi itu harus benar-benar pas,” papar William.

William juga menambahkan bahwa perlakuan terhadap kopi sangat berpengaruh pada rasa. Feeling yang tepat dan selalu ingin berinovasi merupakan kunci dari membuat sebuah kopi, katanya. Dengan begini sudah bisa dipastikan kualitas kopi dan rasanya tidak bisa diragukan lagi.

Menu kopi yang disajikan oleh kafe ini pun beragam, yaitu Ekspersso Base dan Manual Brew. Ekpresso Base terdiri dari Kopilogi, Cafe Latte, Moccacino, Cappucino, Caramel Machiato, Ekspresso, Americano, Irish Coffee, Ice Coberso, Mazagran dan masih banyak lagi.

Sedangkan manual brew diantaranya yaitu Kopi Tubruk, Vietnam Drip, V60, Kalita Wave, Flat Bottom dan Aeropress.

Selain menyajikan kopi, Kafe Kopilogi juga menyediakan minuman Green Tea, Red Velvet, Green Tea Drp, Chocolate Late, Vanilla Late, Lemon Velvet, Frizzy Soda, Milk shake, Tea, dan Juice.

Terdapat pula camilan dan makanan berat tersedia sangat bervariasi. Diantaranya yaitu French Fries, Potato Wedges, Tahu Cabe Garang, Noddles Kopilogi, Waffle + Ice Cream, Waffle Mozza, Banana Split, Chicken Wings, Hot Fire Chicken With Rice, dan makanan berat lainnya.

Selain bisa memanjakan lidah, Kopilogi juga sangat memanjakan para pengunjung. Hal ini terbukti dengan adanya fasilitas wifi, Ruang kafe outdoor dan indoor, desain interior dan eksterior Black And With Industrial dan juga Musik.

“Kami sebisa mungkin bikin nyaman konsumen yang datang, karena baru pindah juga di sini, kedepannya kita mau bangun mushola, nambahin wc dan memperluas tempat parkir. Wc kan baru ada satu, jadi kita masih dalam tahap pengembangan kafe juga,” kata William.

Berada di pusat kota, William dan para owner yang lainnya juga benar-benar memanfaatkan kesempatan. Walau terletak di pusat kota, tidak menutup kemungkinan tempat ini jauh dari kebisingan kendaraan.

Sebelum dipindahkan ke jalan Cikuray no. 45 William paham betul tempat untuk menikmati kopi harus jauh dari kebisingan kota tetapi juga terletak di jantung kota tersebut agar mudah terakses oleh masyarakat.

“Menikmati kopi itu harus tempat yang santai, nyaman dan nggak terlalu bising dengan kendaraan. Makanya kita pas liat bangunan ini. Saya langsung mikir ‘ini tempatnya’,” tambah William.

Kafe Kopilogi bisa menampung sekitar 50-60 orang dan bisa digunakan sebagai tempat meeting. Kafe ini buka dari pukul 13.00-22.00 Wib setiap harinya.

Untuk anda yang ingin menunaikan sholat juga jangan khawatir, walaupun belum ada mushala, Kafe ini terletak tidak jauh dari Masjid Agung Alun-Alun Kota Garut.

Nah, untuk yang penasaran ingin mencicipi kopi khas garut ini bisa langsung saja datang ke Jalan Cikuray No. 45 Kota Garut.

Dari Alun-Alun Kota Garut anda bisa masuk ke arah Ciledug yang memiliki jarak sekitar 150-200 meter dari Kafe. Yuk, budayakan minum kopi lokal.

Dituduh Megawati tak punya visi-misi, PKS: mustahil dong
Fahri Hamzah dorong pemuda keliling dunia
PKS usul kubu Prabowo-Sandi duduk bersama
PPP muktamar dukung Prabowo-Sandi
Fahri minta Prabowo tak kendor kritik Jokowi
KPK didesak periksa politisi PAN terkait percaloan anggaran daerah
Kubu Jokowi sebut tim ekonomi Prabowo lemah
Fahri Hamzah prihatin dengan kubu Prabowo
Ingin selamat, Parpol lain bisa tiru Demokrat
Kubu Jokowi: kita tak terjebak diksi kubu sebelah
Perindo nilai sosok Jokowi tak identik dengan PDIP
Parlemen Eropa minta AS batasi ekspor senjata ke Arab Saudi demi HAM
Ini kata Bamsoet soal humas Polri
Fahri Hamzah komentari seleksi CPNS di timur Indonesia yang rumit dan panjang
Archandra beber strategi jual blok migas Indonesia
Fetching news ...