Legislator ajak semua pihak wujudkan Pemilu damai

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Legislator ajak semua pihak wujudkan Pemilu damai

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bambang Budi Susanto menyerukan terciptanya Pemilu 2019 damai. Bambang meminta semua yang terlibat pada Pemilu baik Pilpres maupun Pileg menahan diri baik dalam perkataan dan perbuatan yang dapat mendorong pertentangan di masyarakat.

"Terutama menyinggung wilayah sensitif menyangkut keyakinan agama, ras, antar-golongan, dan suku," kata Bambang di Jakarta, Kamis (14/03/2019).

Bambang berpesan supaya semua pihak dapat melaksanakan pemilu dengan cara-cara beradab dan tidak menghalalkan segala cara untuk menang.

"Dalam melaksanakan Pileg atau Pilpres, segenap pihak jangan terjebak ke dalam cara-cara yang tidak beradab, seperti menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan, mempraktikkan politik uang, menebarkan janji palsu, melakukan intimidasi dan manipulasi, atau cenderung menjelek-jelekkan lawan politik, dan menggunakan isu primordial hanya sebagai pembenaran kepentingan kemenangan secara politik semata," jelas politisi PAN ini.

Kepada pemerintah, Bambang mendesak untuk menyelesaikan pertentangan dalam kehidupan bermasyarakat baik melalui pendekatan pencegahan maupun penanggulangan.

"KPU, Bawaslu, aparat kepolisian juga harus melaksanakan tugas masing-masing secara benar, jujur, adil, profesional, imparsial dengan penuh tanggung jawab," katanya.

Selanjutnya, Bambang meminta masyarakat untuk mendorong proses demokrasi secara aman dan lancar, secara jujur dan adil, dan mengedepankan nilai moral dan etika keagamaan secara konsisten dan konsekuen dengan cara menolak untuk dikendalikan pihak-pihak memiliki niat jahat dalam berdemokrasi

"Kita semua harus berusaha agar bangsa Indonesia terhindar dari malapetaka perpecahan, dan agar memiliki kekuatan lahir dan batin dalam menghadapi tantangan dan ancaman baik yang datang dari luar maupun dalam negeri yang menginginkan perpecahan bangsa dan keruntuhan negara," pungkas Bambang.

Kubu Jokowi: Ujian Nasional harus dipertahankan
Aksi ambil untung buat IHSG rentan terkoreksi
Fadli Zon nilai ujian nasional tak selesaikan persoalan standardisasi pendidikan
KPU nilai debat ketiga lebih kondusif dibanding debat kedua
Golkar nilai debat cawapres tak seimbang, Ma'ruf Amin jauh lebih menguasai
Kubu Prabowo nilai Ujian Nasional pantas dihapus
Allah lebih memihak perempuan?
Politisi Demokrat desak audit lingkungan di Pulau Wawonii dan Kabaena
Bautista kembali menangi balapan kedua WSBK Thailand
Penjelasan Bank Mandiri soal surat tagihan perusahaan Prabowo
Infrastruktur langit Ma'ruf Amin sempat buat penonton debat tertawa spontan
Bamsoet: Kalau tidak ada UN, kualitas pendidikan akan timpang
Hari ini, IHSG diprediksi terkoreksi wajar
Cara mutusin hubungan dengan baik
DPR RI berhasil dorong isu diskriminasi muslim Ulghur di Parlemen OKI
Fetching news ...