Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi

REPORTED BY: Insan Praditya

Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan BPN makin optimistis  kubu Prabowo dapat melampaui petahana bulan depan. Ia mengatakan hal tersebut setelah melihat hasil survei elektabilitas Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi yang dirilis oleh lembaga survei Media Survei Nasional (Median).

"Saya kira survei Median relatif lebih mendekati walaupun dalam survei kami jaraknya makin tipis. Saya kira ini merupakan satu hal yang membuat kami optimistis bahwa dalam waktu dekat, akhir bulan atau awal bulan depan sudah melampaui petahana," kata Fadli saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa, (22/01/2019).

Fadli mengatakan hasil survei yang dirilis Median, tak jauh beda dengan hasil survei yang dilakukan timnya. Ia menilai lembaga survei Median yang paling independen dari lembaga survei yang lain. 

"Saya kira ini membuat data kami makin dekat. Ini salah satu survei yang menurut saya lebih independen karena tidak terafiliasi dengan kedua kandidat yang saya tahu," ujarnya.

Fadli menilai elektabilitas Jokowi tampak turun dan stagnan, sementara Prabowo jauh lebih cepat meningkatnya.

"Itu kan survei ya, di Jokowi kan 0,2% malah cenderung turun. Jadi menurut saya inilah percepatan kenaikan Prabowo jauh lebih tinggi. Malah yang Prabowo naik, yang ini stagnan ya malah turun," tuturnya.

Selanjutnya, Fadli mengatakan naiknya elektabilitas Prabowo merupakan usaha dari tim kampanye dan para caleg. Ia mengatakan masyarakat tidak melihat keberhasilan yang sering diklaim oleh pemerintah.

"Ya itu salah satu tentu karena ada pergerakan tim kampanye, para caleg juga bergerak. Tapi yang paling penting juga masyarakat tidak melihat keberhasilan sesuai dengan klaim yang ada dari pemerintah kan memang pemerintah ini gagal dalam banyak hal," pungkasnya.

Sebelumnya, Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei elektabilitas paslon Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan selisih dua kandidat relatif stagnan dan suara dari paslon 02 naik, tetapi sedikit lambat.

"Selisih elektabilitas kedua kandidat menipis, suara pasangan 01 relatif stagnan dan suara pasangan 02 tumbuh, tapi lambat," kata Rico beberapa waktu yang lalu.

Hasil survei tersebut mencatat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih unggul atas Prabowo-Sandi. Dalam survei itu, angka elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 47,9 persen, Prabowo-Sandi 38,7 persen, sedangkan 13,4 persen belum menentukan pilihan.

Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Depak Dani Pedrosa, CEO KTM sebut pikiran Honda dangkal
Peneliti LIPI beber fungsi ulama sebagai jembatan nilai positif di Pemilu 2019
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
IHSG diprediksi menguat ke 6.500
Gerindra: Prabowo bukan penguasa lahan negara
PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Fetching news ...