Golkar yakin keunggulan 9 persen akan menangkan Jokowi

REPORTED BY: Insan Praditya

Golkar yakin keunggulan 9 persen akan menangkan Jokowi Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Ace Hasan Syaidzly

Politisi Golkar Ace Hasan Syaidzly meyakini kubu Jokowi akan memenangkan pilpres 2019. Hal tersebut diutarakannya dalam menanggapi Median yang mengumumkan selisih Elektablitas Jokowi-Maa'ruf dan Prabowo-Sandi berbeda tipis.

"Yang jelas kami masih unggul di atas pasangan 02. Kami masih sangat optimis akan memenangkan Pilpres 2019 yang akan datang," ujarnya kepada wartawan, Jakarta , Senin (21/01/2019).

Ace mengatakan selisih 9.2% bukanlah angka yang kecil, sebab persentase itu berdasarkan populasi jutaan rakyat Indonesia. Menurutnya, kubu oposisi tak akan mudah mengejar selisih tersebut.

"Angka 9,2% bukan angka yang kecil. Waktu tinggal 3 bulan lagi. Tak mudah untuk mengejar kami dengan selisih 9,2%," katanya. 

Ace meyakini Prabowo-Sandi masih akan kesulitan untuk mengejar Jokowi-Ma'ruf. Apalagi, jika strategi yang digunakan adalah narasi hoaks dan pesimisme. 

"Apalagi metode kampanye-nya menggunakan narasi pesimistis, menebarkan hoaks dan dalam sisa 4 debat kami selalu unggul, maka kami yakin dengan cara-cara seperti itu akan sulit mengerjar kami," tegasnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei Median merilis hasil survei terkait elektabilitas pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2019. Hasilnya, keunggulan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin semakin menipis dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan pada 6-15 Januari 2019 terhadap 1.500 responden, populasinya seluruh warga yang memiliki hak pilih. Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error survei kurang lebih 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

"Persis sebelum debat kandidat, dan ini kami menggunakan surat suara. Kami berikan surat suara dan mereka mencoblos. Kita lihat bahwa elektabilitas pasangan 01 itu 47,9%, elektabilitas atau keterpilihan Prabowo-Sandi itu 38,7% dengan gap atau selisih di antara keduanya 9,2% dengan undecided itu 13,4%," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun saat menyampaikan hasil survei di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (21/01/2019).

Berikut hasil survei elektabilitas capres-cawapres oleh Median pada Januari 2019:

Joko Widodo-Ma'ruf Amin: 47,9 %

Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 38,7%

Undecided voters: 13,4%

Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Depak Dani Pedrosa, CEO KTM sebut pikiran Honda dangkal
Peneliti LIPI beber fungsi ulama sebagai jembatan nilai positif di Pemilu 2019
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
IHSG diprediksi menguat ke 6.500
Gerindra: Prabowo bukan penguasa lahan negara
PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Fetching news ...