Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam

REPORTED BY: Insan Praditya

Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam Armada perang laut Rusia

Armada Laut Hitam Rusia saat ini tengah mengincar dan mengawasi kapal perusak bersenjata rudal Amerika Serikat (AS) yang tiba di Laut Hitam pada Sabtu kemarin. Demikian pernyataan yang dikeluarkan pusat kendali pertahanan Rusia.

"Pasukan Armada Laut Hitam mulai mengikuti kapal perusak berpeluru kendali USS Donald Cook setelah memasuki Laut Hitam," bunyi pernyataan itu dari Sputnik, Minggu (20/01/2019).

Pernyataan itu menambahkan kapal perusak bersenjata rudal AS itu sedang dibayangi oleh kapal fregat Pytlivy Rusia dan terlacak menggunakan kemampuan pengawasan elektronik dan teknis.

Komandan Armada ke-6 Amerika Serikat, Wakil Laksamana Lisa Franchetti, mencatat bahwa kapal perang Rusia telah "profesional" dalam interaksi mereka dengan kapal-kapal Angkatan Laut AS selama setahun terakhir selama pertemuan di Laut Baltik, Hitam dan Mediterania.

"Saya sudah berada di sini sekitar sepuluh bulan sekarang, dan kami mendapatkan kesempatan untuk melihat mereka beroperasi di Baltik, Laut Tengah, Laut Hitam. Secara umum, semua interaksi itu bersifat profesional," kata Franchetti dalam sebuah wawancara yang diterbitkan awal pekan ini.

"Kami beroperasi di perairan internasional. Rusia beroperasi di perairan internasional. Harapan saya terhadap pasukan saya dan pasukan Rusia adalah bahwa mereka akan aman dan profesional," kata Franchetti. 

"Semua angkatan laut memiliki hak dan tanggung jawab untuk bertindak secara profesional di laut," Franchetti menambahkan.

Amerika Serikat terus meningkatkan kehadirannya di wilayah Laut Hitam selama setahun terakhir, dengan latihan militer untuk blok keamanan ini yang diadakan di perairan Laut Hitam. Kapal perang AS juga sering memasuki daerah itu. 

Pihak berwenang Rusia telah berulang kali mengeluarkan pernyataan keras terkait tindakan NATO sebagai tindakan provokatif. Rusia menyatakan bahwa bahwa mereka mengancam peningkatan risiko militer di wilayah tersebut.

Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Depak Dani Pedrosa, CEO KTM sebut pikiran Honda dangkal
Peneliti LIPI beber fungsi ulama sebagai jembatan nilai positif di Pemilu 2019
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
IHSG diprediksi menguat ke 6.500
Gerindra: Prabowo bukan penguasa lahan negara
PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Fetching news ...