News Law

DPR minta Kemendagri ungkap e-KTP tercecer

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

DPR minta Kemendagri ungkap e-KTP tercecer "Kita menghimbau Mendagri untuk lebih serius mendalami kasus ini, kalau perlu dibentuk tim," Bambang Soesatyo.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau Kementerian Dalam Negeri untuk serius dalam mengungkap dalang KTP elektronik yang tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur. Ia mengatakan Komisi II DPR RI sudah sering meminta untuk dibentuk Pasukan Khusus (Pansus) guna membantu mendalami kasus tersebut.

"Ya justru kita menghimbau Mendagri untuk lebih serius mendalami kasus ini, kalau perlu dibentuk tim, karena suara-suara di Komisi II sudah hampir nyaring juga untuk membikin semacam pansus," kata Bamsoet saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Bamsoet mengatakan jika Mendagri dapat menyelesaikan kasus ini dengan baik, Komisi II DPR RI tak perlu mendorong untuk membentuk pansus. Ia mengatakan kasus KTP elektronik tercecer sering terjadi. Ia juga mendorong Komisi II memanggil Kemendagri beserta perusahaan pengadaan KTP elektronik.

"Ini harus menjadi perhatian serius. Kami sudah minta Komisi II untuk memanggil pihak-pihak terkait termasuk juga perusahaan pengadaan KTP elektronik," ujarnya.

Selanjutnya, Bamsoet mendesak kasus KTP elektronik ini tidak dijadikan isu politik menjelang Pemilu 2019. 

"Supaya tidak dipolitisasi, tidak dijadikan isu politik menjelang pemilu," pungkasnya.

Sebelumnya, Polsek Duren Sawit menyita semua KTP elektronik yang ditemukan warga di Karya Bakti VI, tepatnya di depan musala RT 03 RW 011 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Semua KTP elektronik itu ditemukan warga sekitar yang tercecer di jalan.

Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan pihaknya masih menghitung jumlah KTP yang tercecer. Ia mengatakan masih 1/4 karung yang ditemukan.

Selain itu, Suta menduga KTP elektronik itu tercecer saat perusahaan pengadaan KTP elektronik mau mengantarnya ke Dukcapil. Ia mengatakan pihaknya masih mendalami kasus tersebut.

Kubu Jokowi curigai hasil survey Median
PKS harap pemerintah tak politisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir
Fadli Zon optimis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi
Bamsoet imbau TNI-Polri netral dalam pemilu
IHSG siap melaju naik karena sentimen eksternal
DPR apresiasi mundurnya Edy dari ketua umum PSSI
Ahok bebas, apa pengaruhnya pada Pilpres?
Sindir Jokowi, Fahri Hamzah: Tukang cukur jangan diajak selfie, dikasih modal
Kubu Jokowi: Jangan pilih pemimpin berengsek
Golkar yakin keunggulan 9 persen akan menangkan Jokowi
Gerakan Santri Madura ajak rakyat tolak calon pemimpin penyebar hoaks
TKN: aksi Jokowi cukur di Garut bentuk konsistensi
DPR sarankan Eddy Rahmayadi konsentrasi jadi gubernur
Fadli Zon nilai pembebasan Abu Bakar Ba'asyir untuk raup simpati umat Islam
Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam
Fetching news ...