6 tips agar angpao Imlek lebih bermanfaat

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

6 tips agar angpao Imlek lebih bermanfaat

Perayaan tahun baru Imlek sudah di depan mata. Maka tidak heran Anda dengan mudahnya akan menjumpai berbagai pernak-pernik Imlek, baik di jalan ataupun di mall.  Untuk masyarakat Tionghoa, tahun baru Imlek adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dan wajib dirayakan setiap tahunnya.  Ketika tahun baru Imlek tiba, banyak acara yang dilakukan, misalnya saja berkumpul bersama keluarga besar, berdoa ke vihara dan tentunya bagi-bagi angpao.

Jumlah yang biasa diterima seseorang dari angpao Imlek tentu bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah bahkan ada yang mencapai jutaan. Untuk Anda yang akan menerima angpao di hari raya Imlek, jangan terburu-buru menghabiskannya untuk acara berfoya-foya, karena Anda bisa memanfaatkannya untuk hal yang lebih penting. Misalnya dengan meningkatkan kondisi keuangan Anda. Di bawah ini ada beberapa tips agar angpao yang Anda terima bisa menjadi lebih bermanfaat.

1. Persiapan mulai investasi

Mengalihkan untuk investasi bisa menjadi salah satu cara bijak memanfaatkan angpao yang Anda terima, karena memiliki manfaat jangka panjang daripada menghabiskannya untuk keperluan yang tidak penting. Gunakan angpao imlek Anda untuk menambah modal misalnya atau menanam investasi seperti saham, reksadana, emas dan sebagainya. Selain bermanfaat, investasi ini juga untuk menjamin kelancaran masa depan Anda. 

2. Tambahan tabungan dana darurat

Jika Anda belum memiliki dana darurat, maka kini saatnya Anda bisa membuat cadangan dana untuk digunakan dalam kondisi penting atau terdesak. Pasalnya, Anda tidak akan tahu keadaan darurat apa yang akan terjadi di masa depan. Idealnya, dana darurat berjumlah 12 kali dari pengeluaran Anda selama satu bulan. Melalui angpao ini, bisa menjadi titik awal untuk Anda memulainya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bonus tersebut untuk menambah tabungan, misalnya untuk tabungan pendidikan ataupun tabungan hari tua.

3. Asah keahlian

Memanfaatkan angpao imlek untuk meningkatkan atau belajar keahlian yang baru bisa jadi pilihan. Anda bisa mengikuti kursus untuk meningkatkan atau mengembangkan keahlian yang Anda miliki. Jika ingin lebih bijak lagi, Anda bisa mencoba mengembangkan keahlian Anda untuk menghasilkan uang, seperti desain grafis, memasak atau pemrograman komputer. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengikuti pelatihan soft skill seperti  negotiation skill atau public speaking  untuk meningkatkan kinerja Anda di kantor.

4. Tambahan modal memulai bisnis sampingan

Mungkin bagi Anda yang sudah kebelet merintis usaha sampingan, bisa memanfaatkan angpao sebagai tambahan pasokan dana untuk  mempercepat pengumpulan modal Anda.  Segeralah memulai bisnis sampingan untuk menambah sumber pemasukan di masa depan.

5. Beli Buku

Daripada menghabiskan angpao dengan berfoya-foya, lebih baik Anda menghabiskannya untuk membeli buku atau bahan bacaan berkualitas, misalnya buku bahasa inggris bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin mengasah kemampuan bahasa. Sambil mengisi liburan dengan membaca buku, Anda juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru.

6. Keperluan Penting

Jika Anda dalam waktu dekat ini memiliki sejumlah tagihan yang belum dibayar atau berniat membeli suatu keperluan mendesak, Anda bisa menggunakan angpao yang Anda terima. Atau jika tidak ada, Anda bisa menyimpannya sebagai tabungan. Hitung-hitung sebagai bekal yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari dan juga dapat membantu Anda dalam belajar membuat perencanaan keuangan.

Setelah mengetahui tips agar angpao bisa lebih bermanfaat. Kini saatnya mencari angpao Imlek untuk Anda gunakan di Hari Raya Imlek yang sebentar lagi akan tiba. Tidak perlu repot-repot mencarinya di toko, karena Anda bisa mengunjungi Bukalapak dan membelinya di sana. Di era modern seperti sekarang ini, banyak kemudahan yang bisa Anda terima melalui teknologi, seperti berbelanja online. Bukalapak menawarkan kemudahan berbelanja online yang terpercaya dengan menjamin keamanan dalam bertransaksi.

Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Depak Dani Pedrosa, CEO KTM sebut pikiran Honda dangkal
Peneliti LIPI beber fungsi ulama sebagai jembatan nilai positif di Pemilu 2019
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
IHSG diprediksi menguat ke 6.500
Gerindra: Prabowo bukan penguasa lahan negara
PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Fetching news ...