DPR soroti penyusutan sawah Warisan Dunia di Bali

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

DPR soroti penyusutan sawah Warisan Dunia di Bali

Luas lahan tanam persawahan abadi yang sudah ditetapkan oleh Unesco di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali, semakin menyusut dari tahun ke tahun. Luas persawahan berkurang sekitar 352 hektar dalam setahun dan diperparah dengan tidak adanya cetak sawah baru dan aturan yang tegas dari Pemerintah Provinsi Bali.

“Ini merupakan tantangan besar untuk Pemprov Bali. Dalam satu tahun, 325 hektar sawah berkurang dan tidak ada cetak sawah baru. Pemprov Bali harus memberikan tindakan yang tegas, karena sawah abadi ini sudah menjadi warisan budaya dunia,” ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi saat meninjau lokasi persawahan di Tabanan, Bali, Selasa (20/2/2018).

Dalam Kunjungan Kerja ke lokasi persawahan itu, Komisi IV DPR RI menemukan banyak masalah yang menyebabkan semakin berkurangnya area sawah, di antaranya beralihnya lahan sawah menjadi rumah dan irigasi yang tidak lancar.

Sebagai informasi, Undang-undang No. 41 Tahun 2009 tentang  Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan telah mengatur bahwa Indonesia sebagai negara agraris perlu menjamin penyediaan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan sebagai sumber pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip menuturkan undang-undang tersebut harus diturunkan dalam Peraturan Daerah atau Peraturan Gubernur.

"Sehingga lahan-lahan di Bali ini dapat terlindungi dengan baik, dan peraturan ini kita tegakkan dan harus ditindak tegas, apabila ada peralihan fungsi lahan,” tutur politisi dapil Bali itu.

Sebelumnya, Ketua Tani di Desa Jatiluwih I Nyoman Sutama menuturkan, salah satu penyebab area sawah berkurang adalah air yang tidak mengalir dengan deras, “Dulu, air di sini mengalir sangat deras dari hulu ke hilir, dan kita juga punya terowongan air, tapi terowongan tersebut jebol dan airnya bocor, sehingga tidak bisa mengalirkan air dengan baik,” tutur Nyoman.

Nyoman menambahkan, petani sangat membutuhkan pasokan air yang cukup. Melalui kedatangan Komisi IV DPR RI ini, pihaknya meminta bantuan untuk membangun embung, guna membuat lahan sawah abadi kembali produktif, sehingga lahan tanam tidak berkurang setiap tahunnya.

Warisan dunia

Desa Jatiluwih telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia (WBD) sejak 29 Juni 2012 karena mempunyai keunikan dan ciri khas pada sistem pertaniannya yaitu dengan menggunakan konsep filosofi Tri Hita Karana (filosofi tentang keseimbangan antara manusia dengan sesamanya, manusia dengan alam, serta manusia dengan Sang Pencipta).

Jatiluwih termasuk di dalam kawasan Lanskap Subak dari Catur Angga Batukaru yang merupakan salah satu dari 5 kawasan di Bali yang ditetapkan oleh UNESCO menjadi warisan budaya dunia. Secara sosio-kultural manajemen organisasi subak Desa Jatiluwih adalah berdasarkan prinsip dari filsafat Tri Hita Karana yang bertujuan supaya tercapai dan terbinanya keselarasan dan keharmonisan antara warga subak dengan sesamanya, warga subak dengan lingkungan/alam, dan warga subak dengan Sang Pencipta/Tuhan sebagai unsur parahyangan.

Persawahan terindah

Sawah berundak Jatiluwih dinilai sebagai salah satu persawahan terindah dengan pemandangan sawah terasering, yang terletak kurang lebih 50 KM atau sekitar ± 1 jam 30 menit dari kota Denpasar.

Sawah berundak Jatiluwih Bali atau sawah terasering Jatiluwih adalah salah satu tempat wisata di Tabanan yang paling populer dengan pemandangan hamparan sawah berundak-undak yang indah selain Tegalalang rice terrace Ubud, Munduk rice terraces, dan objek wisata pemandangan sawah berundak lainnya di Bali.

Desa Jatiluwih terkenal sebagai tempat wisata dengan keindahan sawah terasering yang masih menggunakan sistem pengairan sawah tradisional Bali, lokasinya terletak dekat dengan pegunungan Batukaru dengan kondisi udara yang lumayan sejuk.

Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Kubu Jokowi ingin Ma'ruf temui Rizieq di Mekkah
Ahok bakal terjun kampanye untuk Jokowi?
Fetching news ...