DPW Kalsel dukung Jokowi, PAN: Itu realita politik lokal

REPORTED BY: Insan Praditya

DPW Kalsel dukung Jokowi, PAN: Itu realita politik lokal Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara K. Hasibuan

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara K. Hasibuan mengatakan dukungan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN di Kalimantan Selatan kepada paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf adalah realita politik di daerah tersebut, sehingga pengurus PAN memutuskan untuk mendukung Jokowi.

"Jadi saya rasa ini merupakan bagian dari dinamika lokal Kalimantan Selatan yang memaksa atau membuat atau mendorong pengurus provinsi sana untuk mengambil keputusan untuk mendukung Jokowi," kata Bara saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Bara mengatakan PAN tetap fokus meraih suara signifikan di Pemilihan Legislatif 2019. Ia mengatakan pengurus PAN di daerah dituntut fleksibel dalam melihat dinamika politik.

"Fokus PAN bagaimana untuk kita bisa mendapatkan suara signifikan pada pemilihan legislatif dan pengurus daerah dituntut untuk bisa bersikap secara fleksibel kreatif dan menyesuaikan dengan dinamika lokal," ujarnya.

Bara mengatakan suara Jokowi di Kalimantan Selatan masih cukup kuat, sehingga hal itu mendorong pengurus PAN memilih mendukung Jokowi. Ia mengatakan terkait dukungan tersebut DPP PAN akan mengambil sikap yang bijak.

"Saya rasa pada akhirnya DPP akan mengambil sikap yg bijak dlm hal ini karena lagi-lagi fokus kita bagaimana PAN betul-betul mendapatkan suara signifikan pada pemilihan legislatif," tuturnya.

Walaupun begitu, Bara yakin paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi tetap meraih banyak suara di Pilpres dengan mengandalkan tim kampanye berskala nasional.

"Saya yakin bahwa Prabowo Sandi punya tim kampanye juga dan tim kampanye ini juga sekalanya nasional," ujarnya.

Selanjutnya, Ia mengakui imbas dari efek ekor jas atau coat tail effect dari pasangan Prabowo-Sandi hanya dirasakan oleh Partai Gerindra saja. Menurutnya, di beberapa daerah pengurus PAN juga melihat masih banyak suara Jokowi sehingga membuat keputusan serupa itu.

"Ketua umum PAN lagi-lagi epentingan partai yang harus kita utamakan supaya kita dapat suara signifikan dalam pemilihan presiden dan memang harus diakui imbas coat tail effect dari Pemilihan Presiden ini misalnya untuk Prabowo itu hanya dinikmati oleh Gerindra," pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) di Kalimantan Selatan mendukung paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. Pengalihan dukungan itu langsung disampaikan oleh Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan Muhidin.

"Kami mendukung kemenangan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin di Kalimantan Selatan," kata Muhidin beberapa waktu yang lalu.

Muhidin mengungkapkan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf karena pengurus PAN tak ingin berbeda dari mayoritas masyarakat Kalimantan Selatan yang banyak mendukung Jokowi-Ma'ruf. Selain itu, kata Muhidin masyarakat merasakan kerja pembangunan di era Jokowi.

"Pembangunan harus dilakukan dua periode. Karena kalau hanya satu kali, program pemerintah tidak maksimal. Contohnya saya menjabat Walikota Banjarmasin di 2 periode, bisa membangun Banjarmasin," pungkasnya.

Kubu Jokowi curigai hasil survey Median
PKS harap pemerintah tak politisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir
Fadli Zon optimis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi
Bamsoet imbau TNI-Polri netral dalam pemilu
IHSG siap melaju naik karena sentimen eksternal
DPR apresiasi mundurnya Edy dari ketua umum PSSI
Ahok bebas, apa pengaruhnya pada Pilpres?
Sindir Jokowi, Fahri Hamzah: Tukang cukur jangan diajak selfie, dikasih modal
Kubu Jokowi: Jangan pilih pemimpin berengsek
Golkar yakin keunggulan 9 persen akan menangkan Jokowi
Gerakan Santri Madura ajak rakyat tolak calon pemimpin penyebar hoaks
TKN: aksi Jokowi cukur di Garut bentuk konsistensi
DPR sarankan Eddy Rahmayadi konsentrasi jadi gubernur
Fadli Zon nilai pembebasan Abu Bakar Ba'asyir untuk raup simpati umat Islam
Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam
Fetching news ...