Ini dua perempuan muslim pertama yang jadi anggota Kongres AS

REPORTED BY: Insan Praditya

Ini dua perempuan muslim pertama yang jadi anggota Kongres AS Rashida Tlaib dan Ilhan Omar

Dua perempuan muslim, Rashida Tlaib dan Ilhan Omar terpilih menjadi terpilih menjadi anggota Kongres AS. Masing-masing berasal dari Michigan dan Minnesota, mereka merupakan perempuan Muslim pertama yang terpilih masuk ke Kongres

Tlaib memenangkan kursi kongres untuk distrik 13 Michigan, setelah mantan Perwakilan John Conyers tiba-tiba mengundurkan diri usai didera tuduhan pelecehan seksual, meninggalkan kursi kosong.

Perempuan ketururan Palestina itu maju menjadi anggota Kongres dari Partai Demokrat. Tlaib mengalahkan Etta Wilcoxon dari Partai Hijau dan Sam Johnson dari Partai Kelas Pekerja.

"Mengapa saya mencalonkan diri? Karena ini adalah tentang memilih juri untuk mendakwa Presiden AS dan saya akan menjadi seorang juri yang keras," kata Tlaib, pada Rabu (07/11/2018).

Sementara itu, Omar menang di distrik ke-5 Minnesota, yang sebelumnya dimenangi oleh politisi Partai Republik, Keith Ellison. Ellison tidak mencalonkan diri untuk pemilihan kembali karena akan maju untuk jabatan jabatan Jaksa Agung wilayah.

Omar adalah seorang Amerika keturunan Somalia yang datang ke AS lebih dari dua dekade lalu sebagai pengungsi. Dia mengalahkan kandidat Partai Republik Jennifer Zielinski. Omar menjadi perempuan kongres pertama yang mengenakan jilbab.

Tahun ini adalah tahun tertinggi politisi muslim mencalonkan diri, setelah islamofobia yang diderita masyarakat AS sejak peristiwa September 2001 yang diidentikkan dengan islam. Tahun ini, sebanyak 90 politisi beragama Islam maju mencalonkan diri ke kongres AS.

Dituduh Megawati tak punya visi-misi, PKS: mustahil dong
Fahri Hamzah dorong pemuda keliling dunia
PKS usul kubu Prabowo-Sandi duduk bersama
PPP muktamar dukung Prabowo-Sandi
Fahri minta Prabowo tak kendor kritik Jokowi
KPK didesak periksa politisi PAN terkait percaloan anggaran daerah
Kubu Jokowi sebut tim ekonomi Prabowo lemah
Fahri Hamzah prihatin dengan kubu Prabowo
Ingin selamat, Parpol lain bisa tiru Demokrat
Kubu Jokowi: kita tak terjebak diksi kubu sebelah
Perindo nilai sosok Jokowi tak identik dengan PDIP
Parlemen Eropa minta AS batasi ekspor senjata ke Arab Saudi demi HAM
Ini kata Bamsoet soal humas Polri
Fahri Hamzah komentari seleksi CPNS di timur Indonesia yang rumit dan panjang
Archandra beber strategi jual blok migas Indonesia
Fetching news ...