Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia

Bukan Bandung namanya kalau bukan kota yang senang berinovasi. Salah satu inovasi tersebut ialah hadirnya sekolah fashion muslim pertama di Indonesia.

Islamic Fashion Institute (IFI) adalah sebuah Sekolah Fashion Islam pertama di Indonesia yang memadukan materi belajar fashion dan kaidah agama Islam di dalamnya dan pertama kali hadir di Bandung, Jawa Barat sejak dua tahun silam. IFI didirikan oleh tiga orang designer Indonesia yakni Irna Mutiara, Nuniek Mawardi, dan Deden Siswanto.

Perkembangan dunia fashion muslim di Indonesia semakin pesat, membuat ketiga designer yang konsen di Islamic Fashion ini mendirikan sekolah tersebut. Berawal sebagai fashion blogger yang hanya ‘iseng’ mem-posting koleksi outfit dress mereka, beralih untuk mengembangkan brand sendiri dan tak disangka-sangka terus berkembang hingga saat ini.

Sebagian besar siswa yang belajar di IFI, sudah memiliki brand fashion sendiri, tapi belum pernah belajar fashion secara lebih mendalam. Untuk itu, IFI hadir untuk menjawab kebutuhan para designer pemula untuk belajar fashion, khususnya muslim fashion yang saat ini semakin diminati banyak orang.

Para siswa tersebut berasal dari berbagai daerah. Selain dari Bandung, ada juga siswa asal Jakarta, Depok, bahkan Lampung yang rela menetap sementara di Bandung tau pulang-pergi untuk ikut kursus fashion di IFI. Karena itu, IFI juga menawarkan beberapa pilihan waktu belajar, sehingga memudahkan para siswanya untuk memilih sesuai kebutuhan dan kesanggupan masing-masing.

Short Course di IFI ini memiliki tiga pilihan durasi belajar. Pertama untuk periode tiga bulan, mereka yang lulus akan mendapat sertifikat sebagai fashion stylist, kedua untuk periode enam bulan, yaitu fashion public relation dan marketing, dan ketiga adalah periode sembilan bulan untuk mendapat sertifikat fashion designer. Sementara itu, untuk siswa yang sudah mencapai IFI batch 3, harus melakukan peragaan busana sebagai salah satu syarat kelulusan.

Sedangkan untuk mata kuliah yang diajarkan di IFI, di antaranya adalah fashion design, komunikasi bisnis fashion, fashion photography, dan masih banyak yang lainnya. 

Kolaborasi dengan UKM Unpad

Selain itu, perihal kurikulum belajar, IFI bekerjasama dengan Sentra Usaha Kecil Menengah (SUKA) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dalam meramu sistem belajar di sekolah fashion muslim ini. Akan tetapi IFI juga menerapkan kaidah berbusana dalam Islam yang masuk dalam beberapa mata kuliah di IFI yang diasuh oleh salah satu foundernya, Irna Mutiara.

Sekolah ini masih terbuka untuk siapa saja, baik yang sudah memiliki latar belakang pendidikan fashion ataupun belum untuk bersama-sama meningkatkan kualitas busana muslim di Indonesia.

Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Depak Dani Pedrosa, CEO KTM sebut pikiran Honda dangkal
Peneliti LIPI beber fungsi ulama sebagai jembatan nilai positif di Pemilu 2019
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
IHSG diprediksi menguat ke 6.500
Gerindra: Prabowo bukan penguasa lahan negara
PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Fetching news ...