Persiapan Indonesia jadi presiden jaringan Cagar Biosfer Dunia

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Persiapan Indonesia jadi presiden jaringan Cagar Biosfer Dunia Cagar Biosfer Bromo Tengger Semeru-Arjuno – terletak di wilayah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang, Jawa Timur ditetapkan pada tahun 2015.

Man and the Biosphere Programme International Co-ordinating Council (MAB-ICC) yang merupakan progam ilmiah antarpemerintah  yang bertujuan membangun dasar ilmiah untuk peningkatan hubungan antara manusia dan lingkungannya dari  UNESCO akan mengadakan pertemuan pada 23-28 Juli 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

Mengusung tema Science for a Sustainable Future Biodiversity, Geology, and Ecosystems, target dari pertemuan ini adalah Rekomendasi Palembang yang akan menjadi patokan dalam pengelolaan dan pengembangan Cagar Biosfer. “Selain itu juga untuk menjadikan Indonesia sebagai Presiden MAB-ICC UNESCO untuk periode 2018-2020,” terang Ketua Komite Nasional Program MAB Indonesia, Enny Sudarmonowati yang juga adalah Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kemarin.

Pertemuan ini, lanjut Enny, juga akan memutuskan masuknya cagar biosfer baru ke dalam jaringan Cagar Biosfer dunia dan mencatat rekomendasi mengenai laporan pemantauan berkala tentang Cagar Biosfer. Pertemuan MAB-ICC di Palembang sendiri akan mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dan LIPI.

Diperkirakan pertemuan di Palembang nantinya akan dihadiri perwakilan dari 34 negara anggota MAB-ICC, 120 negara anggota MAB UNESCO,para ahli dari bidang ilmu terkait, serta anggota berbagai organisasi internasional.

“Pertemuan ini penting bagi Indonesia mengingat akan dihadiri orang-orang dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu dari seluruh penjuru dunia. Sejauh ini hanya ada tiga pertemuan yang dilaksanakan di luar Paris, yakni di Korea Selatan, Swedia, dan Peru,” jelas Director of UNESCO Jakarta Office, Shahbaz Khan.

Tentang cagar biosfer

Cagar Biosfer adalah suatu kawasan yang terdiri dari ekosistem asli, ekosistem unik, dan atau ekosistem yang telah mengalami degradasi yang keseluruhan unsur alamnya dilindungi dan dilestarikan bagi kepentingan penelitian dan pendidikan.

Cagar Biosfer merupakan situs yang ditunjuk oleh berbagai negara melalui kerjasama program MAB  UNESCO untuk mempromosikan konservasi keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan berdasarkan upaya masyarakat lokal dan ilmu pengetahuan.

Sampai saat ini, ada 669 Cagar Biosfer di 120 negara, dengan 11 berada di Indonesia. Tahun ini Indonesia menominasikan Taman Nasional Berbak Sembilang menjadi Cagar Biosfer, mengikuti  Cagar Biosfer Belambangan di Jawa Timur yang ditetapkan pada pertemuan MAB-ICC di Lima, Peru pada tahun 2016.

Di Indonesia cagar biosfer yang telah diakui oleh dunia internasional adalah:

1. Cagar Biosfer Cibodas – terletak di Jawa Barat meliputi wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, ditetapkan pada tahun 1977. Saat ini, zona intinya adalah kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango seluas 22.851 hektar.

2. Cagar Biosfer Tanjung Puting – terletak di Propinsi Kalimantan Tengah meliputi daerah Kabupaten Kotawaringin, ditetapkan pada tahun 1977, kemudian pada tahun 1982 zona intinya ditetapkan sebagai Taman Nasional Tanjung Puting.

3. Cagar Biosfer Lore Lindu – terletak di Sulawesi Tengah, meliputi wilayah administratif Kabupaten Donggala dan Kabupaten Poso, ditetapkan pada tahun 1977. Zona inti adalah Taman Nasional Lore Lindu dengan luas sekitar 231 ribu hektar yang ditetapkan pada tahun 1993.

4. Cagar Biosfer Komodo – terletak di Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur, ditetapkan pada tahun 1977. Kawasan ini mencakup Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan 26 pulau lainnya. Pada tahun 1990, pemerintah menetapkan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar dan area sekitarnya menjadi Taman Nasional Komodo dengan luas sekitar 173 ribu hektar.

5. Cagar Biosfer Pulau Siberut – terletak di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat, ditetapkan pada tahun 1981. Pada tahun 1993, pemerintah Indonesia menetapkan areal seluas 190 ribu hektar di Pulau Siberit dan daerah sekitarnya sebagai Taman Nasional Siberut.

6. Cagar Biosfer Gunung Leuser – terletak di Propinsi Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam, ditetapkan pada tahun 1981. Zona inti kawasan adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang ditetapkan pada tahun 1980.

7. Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu – terletak di propinsi Riau, ditetapkan pada tahun 2009. Kawasan ini merupakan cagar biosfer yang paling unik di Indonesia terdiri dari Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil (75.000 ha), Suaka Margasatwa Bukit Batu(24.800 ha), konsesi hutan produksi Sinar Mas (72.000 ha) serta eks HPH PT. Rimba Rokan Lestari.

8. Cagar Biosfer Taman Laut Wakatobi – terletak di wilayah Kabupaten Wakatobi, Propinsi Sulawesi Tenggara, ditetapkan pada tahun 2012. Zona inti cagar ini adalah kawasan Taman Nasional Wakatobi yang telah ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1996 dengan luas 1.390.000 hektar.

9. Cagar Biosfer Bromo Tengger Semeru-Arjuno – terletak di wilayah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang propinsi Jawa Timur ditetapkan pada tahun 2015.

10. Cagar Biosfer Taka Bonerate-Kepulauan Selayar ditetapkan pada tahun 2015. Kawasan ini berada di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia dengan luas atol 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km².

11. Cagar Biosfer Blambangan – terletak di kabupaten Banyuwangi yang ditetapkan pada tahun 2016. Kawasan ini seluas 678.947,36 ha yang terbagi ke dalam tiga zona yaitu area inti seluas 127.855,62 ha yang meliputi empat kawasan konservasi terdiri atas tiga Taman Nasional (TN Alas Purwo, TN Baluran, dan TN Meru Betiri) dan satu Cagar Alam Kawah Ijen.

Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Kubu Jokowi ingin Ma'ruf temui Rizieq di Mekkah
Ahok bakal terjun kampanye untuk Jokowi?
Fetching news ...